Teknik Jaringan Akses (TJA)

Teknik Jaringan Akses (TJA)

Assalamualaikum. Mungkin masih banyak dari Anda yang masih asing mendengar istilah TJA alias Teknik Jaringan Akses. TJA merupakan jurusan yang saya ambil di Telkom Schools SMK Telkom Purwokerto.

Di artikel ini akan saya ulas sebagian besar kegiatan beserta seluk beluk apa itu tja untuk sumber referensi bagi Anda yang masih bimbang dalam menentukan pilihan jurusan jika Anda ingin pergi ke Sekolah Menengah Kejuruan.

Yang penting dan perlu Anda ketahui bahwa jurusan Teknik Jaringan Akses di Jawa Tengah hanya ada satu yaitu di SMK Telkom Purwokerto. Jadi jika Anda berminat masuk jurusan ini, Anda tahu langkah apa yang akan diambil.

Apa Itu TJA?

Teknik Jaringan Akses adalah sebuah Jurusan yang berkompetensi dibidang jaringan, baik itu jaringan Akses Kabel (Tembaga, Coaxial, Fiber Optik) maupun Nirkabel (Radio, Gelombang Mikro). 

Lulusan jurusan ini sangat diperhitungkan dalam dunia industri pekerjaan dunia, terutama perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi seperti Telkom, Indosat, XL, dan lainnya. Hal ini disebabkan karena tidak seimbang nya tuntutan perkembangan teknologi telekomunikasi dengan jumlah tenaga kerja.

Apa Saja Yang Dibahas di Teknik Jaringan Akses (TJA)?

Secara garis besar, teknik jaringan akses membahas mengenai Akses Kabel diantaranya Fiber Optik, Tembaga, dan Coaxial maupun Jaringan Nirkabel diantaranya Radio dan Gelombang Mikro.

1 . Jaringan Lokal Akses Kabel (Jarlokab atau Jarkab)

Jarlokat

Jarlokab atau Jarkob adalah jaringan dimana penghubung ke perangkat telekomunikasi menggunakan media transmisi kabel. Jaringan kabel adalah jaringan yang paling banyak digunakan dan paling lama penggunaannya.

Peningkatan jaringan ini menggunakan teknolgi multiplying, atau penggandaan, seperti Pair Gain dan xDSL . Contoh Perangkat Pair Gain mampu lebih menghemat biaya instalasi jaringan dan waktu .

2. Jaringan Lokal Akses Radio (Jarlokar)

Jarlokar

Jarlokar merupakan jaringan yang menggunakan radio (wireless) sebagai media akses nya, dimana gelombang elektromagnetik yang berisi sinyal informasi merambat melalui ruang bebas atau udara. Teknologi ini terdiri dari Radio Wireless (Wireless Local Loop), Cord Less dan Radio Point to Point

3. Jaringan Local Akses Fiber Optik (Jarlokaf)

Jarlokaf

Jaringan ini menggunakan media transmisi kabel serat optik, dimana jenis kabel ini informasi bukan lagi dalam wujud gelombang elektromagnetik yang rentan terhadap noise. Informasi ditransmisikan menggunakan gelombang cahaya yang jauh lebih cepat, di sistem serat optik tepatnya pada bagian transmiter terdapat sensor cahaya yang prinsipnya sama dengan dioda photo atau laser dioda.

4. Jaringan Akses Hybrid

Jaringan Hybrid

Jaringan hybrid menghubungkan antara jaringan wired dengan jaringan wireless menggunakan akses point. Jaringan hybrid memiliki semua yang terdapat pada tiga tipe jaringan, yaitu Client, Peer dan Server. Keuntungan jaringan hybrud ini adalah menggunakan jaringan berbasis server dan berbasis peer.

Diposting oleh Edit Post

5 komentar:

avatar

Teknik Jaringan Akses memang jurusan paling ok di SMK Telkom Purwokerto :D

avatar

Makasih materinya mas :D

avatar

Makasih materinya mas :D

avatar

Kalau TJA ini nanti kalau kuliah masuknya kejurusan apa yah ?
Apa TJA ada untuk PTN nya

Apa komentar Anda tentang artikel diatas?